Apa Itu Pinjaman Online? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Belakangan marak didengar istilah Pinjaman Online. Bahkan beberapa dari Anda mungkin pernah mencermati pembahasan tentang apa itu pinjaman online tadi. Layanan keuangan tersebut memang sedang menjadi isu yang hangat dibahas masyarakat saat ini. Ada berbagai kemudahan yang bisa kita rasakan saat memakai fasilitas tersebut. Contohnya adalah praktisnya mendapatkan biaya atau dana untuk situasi mendesak.

Penjelasan singkat ini mungkin bisa membuat Anda tertarik untuk menggunakan layanan keuangan tadi. Namun, sebaiknya Anda perlu mengetahui paparan lebih detail lagi tentang pinjaman online. Dengan begitu, Anda bisa memakainya dengan aman dan nyaman.

Pinjaman Online

Agar lebih enak mengenalnya, kita bagi tema Pinjaman Online ini ke dalam tiga bagian.

1. Inovasi Layanan Keuangan 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pinjaman online adalah salah satu dari inovasi layanan keuangan yang bisa Anda rasakan di era teknologi modern seperti sekarang ini. Jika dibandingkan dengan peminjaman konvensional, tentu saja keuntungan yang dirasakan dari layanan ini terhitung lebih banyak.

Pertama, Anda hanya memerlukan internet dan gadget seperti smartphone atau laptop untuk pengajuan pinjaman.

Kedua, persyaratan yang dilalui juga cukup mudah dan praktis. Anda tak perlu melalui prosedur tatap muka. Sebab, wawancara kelayakan kredit dapat dilakukan lewat telepon. Hal ini tentu sangat membantu Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas padat.

Ketiga, pencairannya pun terhitung cepat bahkan Anda tak perlu meberikan jaminan apapun.

Keempat, Anda bisa mengatur sendiri jangka waktu peminjaman sesuai kebutuhan. Dengan adanya pinjaman online, Anda tak perlu panik ketika menghadapi situasi kritis dan mendesak. Contohya seperti situasi kerabat yang sakit, merencanakan pesta pernikahan, mencari modal usaha, hingga kebutuhan dalam merenovasi rumah.

Baca juga : Asuransi bagi Karyawan

Manfaat pinjaman online

2. Cara Mengajukan Pinjaman Online 

Sebelum mengajukan pinjaman online, tentu saja ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui.  Tahapan ini bertujuan agar Anda sebagai pengguna lebih aman lancar begitu memakainya. Pertama adalah melakukan studi banding terhadap perusahaan yang menjadi jasa penyedia pinjaman. Cek secara detail layanan yang diberikan mulai dari sistem peminjaman, limit, hingga perhitungan bunga. Lalu, pastikan jika mereka berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, Anda tak perlu merasa khawatir dengan keamanan selama menggunakan fasilitas ini.
Setelah menemukan penyedia pinjaman online yang cocok, Anda bisa melakukan pengajuan lewat website atau aplikasi yang disediakan oleh mereka. Biasanya Anda hanya perlu mengisi data pribadi yang dibutuhkan.

Terakhir, Anda biasanya akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen yang menjadi syarat pengajuan. Namun, tak perlu khawatir karena syarat yang diberikan umumnya cukup mudah. Biasanya Anda diminta untuk memberikan berkas berikut ini.

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi slip gaji, BPKB kendaraan, SPT (opsional)
  4. Fotokopi rekening tabungan (opsional)
  5. Fotokopi NPWP (opsional)

Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, biasanya pihak bersangkutan akan menghubungi Anda untuk melanjutkan ke penyelesaian proses pinjaman. Tujuannya adalah untuk mengonfirmasi data-data penting yang telah Anda berikan. Ini penting dilakukan karena hal tersebut sangat menentukan apakah pengajuan pinjaman dari Anda bisa disetujui atau tidak.

3. Cara Membayar Cicilan Pinjaman Online

Sama seperti proses pengajuannya, cara membayar cicilan pinjaman online juga terhitung praktis. Anda bisa mencicilnya lewat ATM transfer, m-banking, internet banking, hingga dompet digital yang saat ini sudah mulai banyak digunakan masyarakat Indonesia. Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui minimarket terdekat dari tempat tinggal.

Jangan lupa untuk selalu membayar angsuran dengan tepat waktu, ya. Sebab, ini bisa mempengaruhi riwayat pinjaman Anda di masa depan. Kedisiplinan pasti akan membuat pengajuan Anda lebih cepat disetujui oleh pihak pemberi pinjaman.

Untuk Anda yang berminat menggunakan layanan pinjaman online, jangan lupa untuk selalu mengecek https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/. Keputusan finansial yang cerdas pasti bisa Anda terapkan dengan baik jika selalu mengecek CekAja.com!


Show EmoticonHide Emoticon

 

close