Mengapa Lapor Pajak? Ketahui Alasannya Berikut!

Cara lapor pajak saat ini sudah sangat dimudahkan. Ada dua pilihan yang dapat digunakan. 


Yang pertama, bisa dilakukan secara offline. Dan yang kedua, bisa juga dengan metode online.


Pajak adalah sebuah kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap warga negara agar bisa digunakan oleh pemerintah dalam memperbaiki ataupun membangun sarana dan prasarana umum.


Kemudahan pelaporan pajak tidak lepas dari peran pesatnya perkembangan teknologi, yang kemudian menjawab tuntutan masyarakat yang ingin serba mudah.


pentingnya lapor pajak


Dirjen Pajak (Direktorat Jendal Pajak) menjawab tuntutan tersebut dengan menyediakan sistem pelaporan secara online. Salah satunya bisa menggunakan aplikasi e-filling yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.


Degan metode ini, pelaporan secara online juga lebih aman, karena adanya Electronic Filing Identification Number (EFIN) yang membuat transaksi perpajakan terenkripsi secara aman dan rahasia.


Sistem perpajakan online ini pula membebaskan wajib pajak dari keharusan mencantumkan tanda tangan. Sebagai gantinya, akan dikirimkan kode verifikasi yang harus dimasukkan oleh wajib pajak ketika akan melakukan transaksi pembayaran dan pelaporan secara online.


Namun, ditengah kemudahan lapor pajak itu, beberapa orang masih saja mengabaikan pentingnya hal tersebut. Padahal, ada beberapa alasan yang membuat lapor pajak menjadi hal penting untuk dilakukan.


1. Mencatat Penambahan Harta Wajib Pajak

Bertambahnya harta seorang wajib pajak mungkin mengalami kenaikan. Kenaikan itu bisa saja terjadi dalam masa satu tahun.


Dengan pelaporan tersebut, Dirjen Pajak bisa memperbarui data wajib pajak yang perlu dibayarkan.


Dalam jangka panjang, data ini akan sangat berguna untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal ini karena pajak menjadi salah satu instrumen tolak ukur pemerataan kondisi sebuah negara.


2. Sebagai Verifikasi atau Validasi

Ketika selesai lapor pajak, seorang wajib pajak akan mendapatkan (Surat Pemberitahuan) SPT atau bukti bahwa pajak tersebut sudah dibayarkan. SPT tersebut memiliki fungsi sebagai sarana validasi atau verifikasi bahwa anda memang sudah benar-benar membayar pajak.


Hal ini sebenarnya bertujuan untuk meminimalisir adanya penipuan terkait pelaporan pajak.


Maka dari sini bisa dilihat bahwa melakukan pelaporan pajak sangat penting. Karena bisa jadi anda dituduh belum bayar pajak apabila belum memiliki SPT.


3. Mempengaruhi Kesehatan Keuangan

Ketika anda lapor pajak secara rutin, akan lebih dipermudah dalam urusan peminjaman di bank atau lembaga keuangan lainnya.


Hal ini karena SPT biasanya juga digunakan sebagai prasyarat mengajukan hutang di bank.


Selain itu, ketika Anda mengelola bisnis ataupun perusahaan, laporan pembukuan pasti akan sangat dibutuhkan. Apabila laporan tersebut bersih, dalam artian sudah melapor pajak sesuai aturan, maka hal itu akan menambah nilai kredibilitas bisnis atau perusahaan tersebut.


4. Penerapan Self Assessment

Cara lapor pajak yang mudah seharusnya membuat banyak orang tidak kesulitan untuk melakukannya, terlebih sekarang sudah ada sistem online yang bisa diakses di mana saja.


Dalam dunia pajak terdapat istilah self assessment yang merujuk pada penerapan sistem pengelolaan pajak secara lebih terpusat. 


Tidak semua orang bisa masuk dalam sistem pajak ini karena biasanya hanya yang membayar pajak PPh (Pajak Penghasilan) dan pajak PPn (Pajak Pertambahan Nilai). Untuk itu setiap orang wajib melaporkan pertambahan harta atau aset yang dimiliki agar terekam di data pusat.


Pentingnya melakukan pelaporan pajak, tentunya tidak hanya memberikan keuntungan terhadap pemerintah, tetapi juga anda secara pribadi. Apalagi cara lapor pajak juga sudah bisa dilakukan secara online. 


Direktorat Jendral Pajak (DJP) memiliki banyak mitra resmi yaitu Application Service Provider atau ASP, yang dapat membantu kamu dalam melakukan penghitungan, penyetoran dan pelaporan.


Para mitra resmi tersebut tentunya terdaftar dan diawasi langusng oleh DJP. Jadi, aman untuk digunakan.


Anda sebagai wajib pajak yang membutuhkan aplikasi alternatif untuk melaksanakan kewajiban perpajakan, saat ini ada aplikasi pengisian online yang juga dilengkapi dengan fitur kalkulator untuk mempermudah perhitungan.


Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi BukuKas.


Lewat aplikasi tersebut, anda bisa diingatkan mengenai waktu pelaporan pajak dan juga mengatur keuangan menjadi lebih terperinci. Tunggu apalagi? Unduh aplikasinya dan nikmati fitur yang tersedia. 


Demikianlah keempat alasan pentingnya lapor pajak yang bisa kita pahami bersama. Mari taat pajak demi kemajuan Indonesia.


‘Bangga Bayar Pajak’.


Show EmoticonHide Emoticon

TERBARU SEBELUMNYA
 

close