Tiga Waktu yang Tepat untuk Olahraga

Memilih waktu yang tepat untuk olahraga mungkin belakangan ini menjadi pertanyaan anda. Karena itu, mencari informasi waktu berolahraga yang tepat tadi sangat anda perlukan.


Tujuannya jelas. Demi menjaga kesehatan tubuh. Saya pun sepakat dengan alasan ini.


Waktu yang tepat untuk olahraga pada dasarnya bisa dilakukan baik pada pagi hari, sore dan malam hari. Hal ini sesuai dengan bunyi beberapa literatur yang saya baca secara daring.


waktu yang tepat untuk olahraga


Ketiga pilihan waktu tersebut bisa anda pilih, mengikuti preferensi masing-masing. Dengan kata lain, anda dapat menyesuaikan waktu berolahraga sesuai waktu luang yang dimiliki.


Atau, lebih tepatnya anda wajib meluangkan waktu untuk aktivitas kesehatan tubuh satu ini. Agar kondisi tubuh tetap prima guna menunjang kegiatan keseharian anda.


Namun demikian, harus disadari bahwa kesibukan dari kegiatan anda tentu tidak sama dengan orang lain. Sebagian ada yang bekerja di akhir pekan dan justru libur di awal pekan. Begitupun sebaliknya.


Alhasil, adanya jam kerja yang beragam itu membuat kita betul-betul mencari dan meluangkan waktu untuk berolahraga. Hal ini pulalah yang mencetus pertanyaan, ‘kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk berolahraga?’


Menjawab hal itu, berikut ini saya coba paparkan tiga waktu yang tepat untuk olahraga bagi anda. Beserta argumentasi dari ahli mengenai waktu berolahraga tadi.


1. Pagi Hari

Menurut seorang ahli ilmu olahraga terapan dari University of New England, Lara Carlson, Ph.D., dikatakan bahwa olahraga pagi sangat bagus untuk siapapun yang ingin menurunkan berat badan.

Hal ini menjadi kabar baik bagi anda yang bertubuh sedikit ‘isi’ untuk mewujudkan mempunyai badan yang ideal. Udara pagi yang masih segar dan kondisi yang masih sepi membuat pagi hari bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan badan. 


Lebih lanjut, olahraga pagi dapat membantu merevitalisasi metabolisme tubuh. Hasilnya, kalori yang terbakar lebih banyak, tensi darah lebih stabil dan jam istirahat pun tidak terganggu.


Olahraga pada pagi hari juga dilansir bisa mengurangi keinginan untuk makan sepanjang hari sehingga dapat mengantisipasi adanya kenaikan berat badan.


Waktu ideal untuk berolahraga di pagi hari adalah jam 07.00 pagi. Yang harus diperhatikan adalah olahraganya  harus dilakukan dengan benar. Usahakan untuk berolahraga sebelum sarapan serta intensitasnya juga harus tepat, yaitu sekitar 30 menit per hari.


2. Sore Hari

Jika anda tidak punya waktu berolahraga saat pagi, janganlah memaksakan diri untuk melakukannya. 


Penelitian menunjukkan bahwa tubuh dapat beradaptasi dengan waktu olahraga yang teratur.


Jadi, jika anda mampu melakukannya pada jam-jam sore, maka lakukanlah pada waktu itu secara rutin. Karena keteraturan berolahraga di jam yang sama akan mendapat hasil yang lebih baik, daripada memaksakan diri namun waktunya semrawut.


Konsistensi waktu latihan juga meningkatkan konsumsi oksigen yang lebih tinggi, dan kelelahan yang dirasakan pun lebih rendah.


Selain itu, suhu tubuh anda merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas olahraga. Tubuh yang tidak rileks membuat otot kaku, tidak efisien, dan rentan terhadap cidera.


Sebaliknya, suhu tubuh yang tenang akan membuat otot lebih fleksibel. Hasilnya, cidera dapat dihindari.


Suhu tubuh biasanya meningkat sepanjang hari, sehingga kekuatan dan daya tahan otot dapat memuncak pada sore hari.


Berdasarkan mekanisme tubuh tersebut, waktu tubuh untuk merespon lebih cepat, detak jantung dan tekanan darah berada pada tingkatan terendah, di mana hal ini jika digabungkan akan meningkatkan performa latihan dan menurunkan kemungkinan cidera.


3. Malam Hari

Apabila anda termasuk orang yang memiliki jam kerja hingga pukul 6 sore, maka olahraga pada malam hari merupakan pilihan yang baik.


Menurut Dr. Michael Triangto, Sp.KO, olahraga malam juga sama baiknya dengan olahraga di waktu pagi atau sore.


Menurut beliau, olahraga di waktu malam lebih efektif untuk membentuk otot. Stigma olahraga di malam hari dapat membuat orang sulit tidur juga tidak sepenuhnya benar.


Mengganggu tidur atau tidak, bergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan. Kondisi tubuh juga ikut mempengaruhi. Bila intensitasnya ideal, malam hari bisa menjadi waktu yang baik untuk berolahraga.


Idealnya, selain menjalankan aturan baku untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan peregangan setelah selesai, upayakan agar tidak langsung tidur setelah berolahraga. Ambilah waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam untuk santai sejenak. Selain itu, jangan terlalu malam untuk berolahraga supaya tidak mengurangi jam istirahat.


Sampai di sini kita sudah tahu, tiga waktu yang tepat untuk berolahraga. Baik olahraga pagi, sore atau malam hari, ketiganya sama-sama memberikan efek positif dan bagus untuk kesehatan


Terakhir, apapun pilihan anda, olahraga harus dilakukan dengan benar. Mulai dari jenis hingga intensitas olahraganya, semua harus diperhitungkan dengan baik agar anda bisa merasakan hasil dan manfaat maksimal dari olahraga.


Show EmoticonHide Emoticon

 

close